CONTOH SURAT PENAWARAN KERJASAMA

SURAT PENAWARAN

Kepada Yth : Sdr Dani. Bandung, 5 Agustus 2007

BEM KEMA FMIPA

Fak. MIPA Unpad

Lampiran : 1 buah Proposal, 1 lembar gambar sampel, 1 kaos/bahan sampel

Dengan hormat

Bersama surat ini kami mengajukan penawaran kerjasama dalam pembuatan produk garment untuk keperluan OSPEK Fakultas MIPA Unpad.

Sebagai informasi, perusahaan kami telah berdiri sejak tahun 1998 dan telah memproduksi garment stuff untuk promosi atau keperluan instansi, sekolah, perusahaan swasta hingga produk-produk untuk brand dan department store terkemuka.

Untuk itu kami mengajukan penawaran produk garment sebagai berikut :

Tshirt: Tshirt print full colour berbahan Cotton 100% dengan harga Rp. 25.000,-/pcs. ( minimum order 200pcs)

Spesifikasi design:

      • Tshirt All Size

      • Bahan Cotton 100%

      • Print standard dpn-blkg

Berikut kami sertakan juga contoh tshirt printing dan bahan yang kami tawarkan.

Demikian surat penawaran ini kami ajukan, dan atas kerjasamanya yang baik kami ucapkan terima kasih

Hormat kami,

Asisten Marketing

Manager

Erik Arianto

sumber :

http://www.bikinproposal.com


proposal

Dapatkan koleksi berbagai jenis contoh proposal

(semua berbahasa Indonesia)

yah, dari pada anda browsing2 ga jelas…

kami jamin anda tinggal copy paste saja dan ganti objek porposal tersebut..

so, anda ga perlu repot2 membuat dari nol isi proposal anda..

yah, minimal dari contoh-contoh proposal dari kami, akan memberikan inspirasi dan ide segar buat anda…

biaya pendaftaran member hanya

Rp 25.000,-

(berlaku 1 tahun keanggotaan)

atau

Rp 50.000,-

(berlaku untuk keanggotaan selamanya )

kami akan kirimkan melalui email jenis-jenis proposal terbaru.

(proposal bisnis, penawaran kerjasama, penawaran sponsorship, kegiatan umum dan sosial, dll)

berikut cara daftarnya :

1. Anda smskan nama, no hp dan alamat email anda ke sms center kami di : 081 321 321 813

2. Setelah mendapat reply/balasan dari kami, silahkan transfer biaya pendaftaran ke salah satu rekening berikut:

BCA

BCA 283 045 1351

BNI

BNI 017 631 6694

BRI

BRI 0598-01-013805-50-9

semua atas nama ERIK ARIANTO

3.  Konfirmasi Pembayaran (smskan saja)

4. Kami akan kirimkan jenis-jenis proposal melalui email anda hingga batas waktu yang tak di tentukan ( alias gratis seterusnya)…

*BANK PROPOSAL INDONESIA*

http://www.bikinproposal.com

105 Responses

  1. Aq mau minta dikirimin Contoh Surat Penawaran Komputer Ke Instansi.

  2. tolong dung dikirimin secepatnya. Yang Paling Oke Yah…

  3. Pak/ bu saya minta tolong dibuatkan proposal/contoh untuk pengadaan barang dan jasa, seperti : CCTV, komputer dan Website….tolong ya.

    terima kasih.
    Best regards,

    A. Mustaqim Nasution

  4. Salam kenal,

    Aq dari Kaltim, pengen nech dapat no contact atau alamat contactnya siapa tahu suatu saat aq pesan custums.

    Ciao,

    Yulius

    • mas tolong kirimin conatoh surat untuk pengajuan barang donk ke toko kue bertaraf nasional,, saya mau mengajukan beberapa jenis makanan dari koperasi saya untuk kerjasama dengan toko holand bakery????? tlg ya mas…. kalo bisa saya mnta kirimkan ke email saya riko_jbi_01@yahoo.com mksh ya mas,,,, maju terus ya mas,,, selamat dan sukses

  5. tolong dikirimin contoh surat penawaran pengadaan barang & jasa secepatnya,please

  6. tolong dikirimin contoh surat penawaran pengadaan barang & jasa secepatnya,please

    thanks before

  7. Tolong di buatkan contoh surat perkenalan produk donk..

    sama penawarannya sekalian ya.. thank…

    • Tolong, kirim contoh format surat pernyataan kesesuaian standard alat2 kesehatan untuk registrasi produk alkes di DEPKES.Terima kasih,Salam kenal…….

  8. salam kenal. friend, tolong kirimin contoh proposal dan surat penawaran produk kartu nama dan id card…thank…

  9. ad tgs nih..
    tlg d kirimin surat penawaran yang msh ad hub dgn study SMA z

    thxz sbelumnx

  10. Mas Tolong Kirim kan kepada saya Contoh pembuatan kompany Profile yang bagus di area kOMPUTERISASI

    Thanks

    Salam

    Apeu

  11. Terima kasih contoh surat penawarannya,
    contoh suratnya sangat berguna sekali buat saya

    Salam Kenal
    Tatsuo

  12. saya minta dibantu untuk pembuatan surat penawaran investasi.kpd perusahaa saya.

  13. Salam kenal bos…. Tolong dong batu saya untuk pembuatan proposal kerjasama dengan satu buah perusahaan. Rencananya saya mau buka usaha tempat makan, dan saya mau buka di lahan parkiran sebuah perusahaan yang sudah tidak digunakan oleh perusahaan tersebut. Tempat makannya tidak secara permanen tetapi bisa dilakukan bongkar pasang dan saya hanya minta fasilitas seperti listrik,air dan keamanan. Tolong bantu saya bagaimana cara pembuatan proposal kerjasamanya. Thanks be 4.

  14. salam kenal mas……….. saya punya sebuah depot air minum isi ulang dan di tempat saya ada beberapa perusahaan di bidang pertambangan batu bara.. nah yang rencananya mau menawarkan produk saya ke purusahaan tersebut,, gimana ya mas caranya bikin surat penawran dan proposal penawaran barang tersebut…. tolong bantu ya mas, kalau bisa tolong bikinkan aja langsung surat penawaran dan proposalnya…………. thank`s ya mas atas bantuannya.

  15. good job brother!

    – Kok pada minta tolong semua? kalo anda membutuhkan contoh surat2, silahkan cari di google aja bozzz, hehehehe

  16. salam kenal bos,,,,aku udah punya banyak bgt proposal penawaran kerja sama dengan berbagai perusahaan dengan product yang beraneka macam yang cocok dengan segment cafe tempat saya bekerja, cuma kali ini aku lagi kehabisan ide untuk format proposal yang baru..aku minta ide2nya untuk buat proposal yang baru lagi..makasih ya bos

  17. Kepada Yth : Sdr X . Bandung, 5 Agustus 2007

    Di Apotik Sehat Bugar

    Lampiran : 1 buah Kondom, 1 lembar Selimut, 1 Orang Peraga

    Dengan hormat

    Bersama surat ini kami mengajukan penawaran kerjasama untuk penjualan kondom “PUAS” di Apotik Bapak.

    Sebagai informasi, perusahaan kami adalah importir alat-alat kedokteran dan kesehatan sejak jaman nenek moyang dahulu kala

    Untuk itu kami mengajukan penawaran kerjasama sebagai berikut :

    1. Untuk meningkatkan penjualan kondom “PUAS”, kami akan menempatkan 1 (satu) orang Sales Promotion Girl di apotik Bapak, adapun tugas dari SPG tersebut adalah untuk memperagakan bagaimana memakai kondom dengan benar. Agar target penjualan sebulan dari kami yaitu sebesar 2000 ( dua ribu ) Dus kondom terjual, SPG tersebut telah bersedia untuk di jadikan percobaan kondom kami.

    Demikian surat ini di buat, semoga SPG kami dapat di manfaatkan sebaik – baiknya dan sepuas – puasnya dan dalam tempo selama-lamanya

    Terima Kasih

    MR. PENIS BIRU
    Direktur

  18. Salam kenal, Mas Erik Yth.

    To the point aja ya Mas? Saya mau minta tolong…. Saya mau mengajukan proposal ke SMK2 di kota saya, saya bekerja di sebuah perush yang cukup besar dan rencananya saya mau memasukkan produk saya ke SMK di kota saya, dengan jalan di SMK khan ada mata pelajaran kewirausahaan nah di situ siswa dituntut untuk bisa menjualkan produk perusahaan saya. Setiap siswa akan saya berikan satu buah paket yang terdiri dari bermacam2 produk. Nah siswa yang dapat menjualkan barang paling bayak akan mendapatkan beasiswa dari kami berupa Free SPP selama 6 bulan dll. Dan setiap siswa yang menjualkan nantinya juga akan mendapatkan sertifikat dari kami. Tolong ya Mas Erik dibuatkan proposalnya tak tunggu ya….@????

  19. mas….
    saya punya masalah nieh!!!
    saya kuliah n ada tugas website bikin surat penawaran buat perusahaan….
    saya mau donk cara-cara buat website’y…
    tolong ya mas….???? klo ga website yang dah jadinya juga ga pa2… tolong ya di tunggu

  20. saya kerja d perusahaan tours & travel, tolong dibuatkan contoh proposal penawaran kerja sama untuk instansi pemerintah.

  21. mohon bantuannya untuk memberikan contoh pembuatan proposal untuk penawaran kerjasama di bidang toko makanan khas indonesia

  22. rik tolong minta di buatin contoh proposal buat kerja sama di bidang jasa

  23. kang, saya lagi bingung nih cari contoh proposal penawaran kontrak servis buat ke cafe, resto de-el-el.
    nyuhunkeun di bantos abdi, buat proposal penawaran yang baik dan benar.

    hatur nuhun sateu acan nange.

  24. mas tolong minta di buatin contoh proposal penawaran kerja sama dibidang jasa furniture

  25. GELI SAYA BACA KOMENTAR2 DIATAS..JELAS-JELAS UDAH

    DIKASIH CONTOH FORMATNYA, TINGGAL GANTI AJA

    BARANG YANG MAU DITAWARKAN, SAMA TUJUAN

    INSTANSINYA. MASIH AJA NGEMIS-NGEMIS “PERTOLOLAN.”

    KALO MAU PINTAR BELAJAR!!!KALO MAU SUKSES, USAHA!!!

    DASAR…..MANA ADA YANG MINTA TOLONG BIKIN PROPOSAL LAGI,,DASAR KARYAWAN TOLOL GA PERNAH IKUT ORAGANISASI KAYA GINI NIH…

  26. GELI SAYA BACA KOMENTAR2 DIATAS..JELAS-JELAS UDAH

    DIKASIH CONTOH FORMATNYA, TINGGAL GANTI AJA

    BARANG YANG MAU DITAWARKAN, SAMA TUJUAN

    INSTANSINYA. MASIH AJA NGEMIS-NGEMIS “PERTOLOLAN.”

    KALO MAU PINTAR BELAJAR!!!KALO MAU SUKSES, USAHA!!!

    DASAR…..MANA ADA YANG MINTA TOLONG BIKIN PROPOSAL LAGI,,DASAR KARYAWAN/PENGUSAHA TOLOL,, NGGA PERNAH IKUT ORGANISASI KAYA GINI NIH…

  27. thanks bro….

  28. Buat :”banyak banget sih orang bego???”…

    mungkin situ bener kalo banyak orang bego yang nanya n minta tolong bikinin proposal atw surat permohonan…tapi situ yang katanya lebih pinter kayaknya ga ngurangin kesusahan mereka yang minta tolong…kesimpulannya situ lebih bodoh dari mereka….

  29. blh minta cth proposal pengadaan barang

  30. waduh abang-abang, mbak-mbak kok ribut masalah surat n comen toh mbok yao sing sabar gitu lo comennya kita nih dah kilangan sipat tepo sliro maknya buanyak yang comen nylekitin ati sabor yo sedulur…
    buat Mas erik trims ya contoh surate. mugi-mugi diparingi pitulung karo sing Kerso Amin….

  31. salam kenal.
    Bapak/Ibu saya ,mau minta tolong.
    saya minta dibuatkan contoh proposal penawaran kerja sama mengenai penawaraan produk (buku) kepada perusahaan tertentu.dalam hall ini produk (buku) tsb untuk dibeli dan dipergunakan untuk souvenir perusahaan tsb. terima kasih atas perhatian dan kerja samanya

  32. Mas bantuin aku dong aku abis sakit baru masuk kantor masih blank gitu eh suruh buat proposal penawaran kerjasama dengan YISC Al azhar untuk acara bedah buku, ok mas thanks before

    oh ya nama aku sesuai dengan nama yang tercantum and lam kenal

  33. apa kbrnya mbak atau mas, kalau ada yang punya impo tentang surat permohonan surat kerja sama dengan pemerintahan, tlg dikirim keemail aku, ya…trims

  34. apa kabar mas ato mbak? baik2 aja ya. oya saya mohon dikirim contoh proposal penawaran depot air isi ulang. ada gak? thanks ya

  35. hallo mas erik….

    mas tolong dong aku dikirimi proposal pengajuan kerja sama yg menarik untuk perusahaan furniture.
    disini saya sebagai suplayer acecories (kuningan) mebel.

  36. mas erik,

    thx saya udah baca contoh proposalnya, semoga sukses semuanya…

  37. halo mbak ./ mas, salam kenal, makasih draftnya.. aku tiru2 dikit boleh nggak.. ?? sebenarnya jg aku lg nyari proposal kerjasama yang lengkap dari pengantar sampai list pengalaman..

  38. tolong kirimkan contoh surat pernyataan kerjasama

  39. mas erikkkk, minta tolong dong….
    aku lagi nyari contoh surat penawaran/proposal untuk bahasa inggris. tolong email k aku ya mas erikk. thanks b4.

  40. aslkm,,,

    mas,,tolong buatin surat penawaran buat batu bara yg 5800 kalori secepatnya ya mas,,,sangat dibutuhkan sekali…
    sebelumnya saya mengucapkan terima kasih buat mas…

  41. tolong buatkan proposal penawaran kerjasama service aC. iso ra dap??

    tulung,………
    secepatnyo….
    tak kasi PJ PJ

  42. serius boz……….
    saya butuh banget…..
    cz menyangkut hidup mati saya……

    ^_^ luph yu……….

  43. Mas tlng segera kirim contoh surat penawaran penyiaran kampanye, profil dan iklan bagi calon legislatif. kirim ke email saya. thanks

  44. saya ada tugas untuk membuat proposal..dan saya mnta tolong untuk di kirim kan contoh proposal apa saja sebagai contoh…karna itu adalah tugas praktek ujian nasional.. tolong bantu saya

  45. tlg donk surat penawaran kerjasama dengan jasa outsorcing

    tnks b4 yach..

  46. rik tolong dibuatin surat kerjasama dalam pembuatan website dengan pemerintah.thanks

  47. Salam… Saya minta bantu buatkan contoh proposal penawaran kerjasama sewa / rental mobil untuk tambang batu bara… trim semuanya

  48. salam…
    saya buka toko accessories,dan saya mintak tlg mas ,buatin surat panawaran kerjasama dg cargo/PT. dalam pembuatan kalung,gelang,anting,bakel sarong,sabuk dll.
    makasi

    banyak harapan saya mas.

  49. mas.. bantuin saya dunk buatkan contoh surat penawaran kerja sama untuk perawata AC di perkantoran/ instansi
    makasih sebelumnya

    • Ass
      mas, minta tolong buatin proposal kerjasama perawatan AC,
      diperkantoran/toko.
      trimakasih mas

  50. surat kerjasama perusahaan angkutan dan jual beli barang

  51. Salam kenal, mas saya mau minta tolong nich, mbuat surat penawaran untuk jualan makanan di mall, tolong banget ya mas, soalnya udah keburu banget nich, aku tunggu kirimannya yaa. Makasih

  52. Salam… Saya minta tolong buatkan proposal pengadaan lab. komputer di sekolah. tolong secepatnya ya pak..

  53. Dear pak/ibu,
    bisa minta tolong dibuat kan contoh proposal untuk menawarkan produk makanan dan untuk kerjasama tempat
    thanks

  54. Mas tlg kirimin ke email say dong contoh surat penawaran utk barang cetakan.

  55. adakah yang bisa buatin saya proposal penawaran pmbuatan radio fm untuk SMA atau sekolahan? tolong saya dibuatan karena saya sangat ahli dalam pembuatan radio pemancar tetapi saya sangat sulit memasarkan. untuk itu yang sangat tepat sasaran saya dalam penjualan radio pemancar adalah Sekolahan, namun saya sangat sulit dalam membuat proposal atau surat penawarannya. ada yang bisa tolong kirim ke emaillku. terimakasih.

  56. bos salam kenal & saya minta tolong untuk dibuatkan surat penawaran kerjasama untuk alat telekommunikasi jaringan GSM (Staterpack) untuk ke sekolah.

  57. Tolong kirimkan contoh surat pesanan furniture setelah mendapatkan surat penawaran

  58. mas saya minta dikirimkan surat proposal kerja sama,saya mau buka usaha birojasa sam dealer untuk jasa BBN

  59. Asslkm wr. wb.
    saya mau naxa nc klo surat penawaran kerjasama tour’s n travel yg baik itu gmn???

  60. Dear pak/bu,
    Saya minta tolong buatkan surat penawaran utk company,dgn penawaran berupa asuransi utk karyawan.
    please give me ur best,thx a lot

  61. maaf, saya minta tolong contoh surat pengadaan barang komputer ke sekolah maupun instansi – instansi serta jasa service CPU dan Monitor.Tidak ketinggalan lampiran untuk penawaran asesoris komputer.atas bantuan anda saya ucapkan terimakasih.
    hormat saya.

  62. mas, tolongin bantu saya buatin proposal penawaran kerja sama pengadaan batu bara (buat cari investor). catatan saja saya sudah dapat po dari beberapa konsumen untuk pengadaan coal di jabodetabek-jabar. tks bantuannya

  63. TOLONG BUATKAN SAYA PROPOSAL PENGADAAN COMPUTER UNTUK SEKOLAH TERIMAKASIH

  64. mas plis dung bantu gua
    bikin proposal penawaran kerja gitu buat cari sponsor
    sekalian alow ada contoh proposal kegiatan

    gua bingung ne mana mo deadline
    plis yow
    afwan ngrepotin

  65. teman-teman semuanya,,,,,,,
    tolongin donk…… saya lg mau bikin proposal buat pengadaan komputer…
    tp bingung harus nulis apa…..
    bagi teman-teman yg punya ide…. bagi-bagi donk….

    di tunggu di hasan.arab@yahoo.com

    sebelumnya terimakasih…

    love u all

  66. Slm kenal mas erik
    saya adalah pimpinan dari PT. RAMA BORNEO NUSANTARA yg baru saja saya dirikan bulan yg lalu dan saya ingim membuat company profil tapi saya tidak bisa mendisain menggunakan software corel dan pothoshop, kemudian bisa di jadikan thema power point.
    saya memohon bantuan saudara erik u membuatkan desain tersebu dgn thema bidang pertambangan,perkebunan,bangunan,konstruksi dan kalao bisa tolo di kirim ke alamat e-mail
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih
    phone : 085750140461
    Kal-Tim/Borneo

  67. pak..bantuin saya untuk proposal penawaran kerja sama dengan supermarket,tentang voucer laundri kiloan.dan menguntungkan kedua belah pihak…tlong di balas di email saya dododyudhi@yahoo.ci.id
    treima kasih pak.

  68. salam kenal mas……….. saya punya sebuah tanah dan mobil, saya pengin mengajukan proposal ke beberapa perusahaan, agar mereka mau memasang iklan di tanah tsb dan juga di mobil saya dgn cara seluruh bodi mobil dicat sesuai dgn perusahan yg akan memasang iklan…. tolong bantu ya mas, kalau bisa tolong bikinkan aja langsung surat penawaran dan proposalnya………….
    thank`s ya mas atas bantuannya.
    saya berharap contoh proposal / surat pernawaran kalo bisa di email ke saya.

    totok.silkargo@samindosub.co.id

  69. salam kenal mas ,saya minta tolong dibuatkan proposal kerja sama untuk pengadaan transportasi dalam pengangkutan Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit dan saya sebagai yang menyediakan Transportasi (armada) tersebut.saya minta agar dikirimkan secepatnya ya mas ya melalui alamat E-mail saya.

  70. ada yang bisa bantuin gak contoh surat penawaran meeting room.. tku :))

  71. plz help yahhh..
    cntoh surat penawaran meeting room..
    mkasihh.. (:

  72. Siang Ms,

    Bisa minta tolong kasih tyas contoh surat penawaran untuk pemasangan iklan? misal untuk inside cover, outside cover, dll.
    Trima kasih sebelumnya.
    Salam
    tyas

  73. kami bergerak dalam bidang event organizer, pembuatan booth dan design interior kami juga membuat handicraft yang berbahan dasar kayu, untuk informasi +62659292789

  74. tanks bro, telah berbagi . minta ijin untuk nyontek

  75. saya ingin membuat surat penawaran kerjasama,tolong buatin contohnya,kebetulan saya bekerja di stasiun radio.trima kasih

  76. tolong repply sms atas nama mhd.ramadhan slamet…
    karena saya sedang butuh contoh surat bisnis dan proposal bisnis…

  77. mas pagi minta tolong buatkan surat mengajak menjadi mitra dalam bisnis FLEXTERsekarang saya sudah merasakan nyaman dibisnis ini syukur saya rasakan karena mencari penghasilan 40 jt per bulan rupanya nggak sesulit yang saya bayangkan selama ini http://www.flexterkita.com dari hasrul di Medan 081397809919-081933210090

  78. Pak minta tolong donk gmn cara membuat surat penawaran untuk membackup asuransi d suatu perusahaan…
    Tolong d bls scptna ” doan_dolpin@yahoo.com ato waktuadalahuang@telkom.net” thx saya tgu ya Pak

  79. mas,sy butuh contoh proposal air minum isi ulang nih, tq

  80. Salam kenal….
    Mas yang baik hati…. saya minta tolong banget sama mas yang baik hati ini … tolong buatkan proposal untuk melanjutkan kuliah..dengan bantuan pemerintah. ditujukan ke Bupati
    tolong kirimkan ke Alief_Rc@yahoo.co.id

  81. mas bagai mana buat contoh surat penawaran pembuatan sebuah website kepada perusahaan ataupun intansi pemerintahan atau juga kepada toko-toko

  82. tolong donk tmen2 aq mau bikin usaha warnet cuma aq mau kerjasama ma orang,gmna ya formatnya bkin proposalnya dan surat kersamanya. tngks

  83. Salam kenal Bang,,

    Saya perusahaan yang bergerak di bidang Event Organizer.. Saya boleh minta tolong dibuatin atau contoh surat kontrak kerjasama antara perusahaan saya dengan investor yang mau investasi ke perusahaan saya…

    Mohon bantuannya yah Bang…, tolong dikirim ke :
    safriman_ym@ymail.com

    TQ..

  84. tolong donk di bantu in ya, saya mau nasukkan proposal SPA. saya mau ajak kerja sama dengan spa2 . Produk yg di tawarin massage oil , and jasa konsultan.
    yg formal ya buatnya tolong ya kasih info segera TQ

  85. aku minta dikirimkan contoh-contoh proposal or penawaran untuk menawarkan jasa iklan di tv. thanks

  86. bos ak ni diminta buat bikin kontrak antara perushne bosq(perus jasa) dengan pabrik tekstil. ada contoh g??

  87. Bang makasih banyak…fantastis ^_^…V :-)

  88. woooowww… ketemu lagi disini.. wah blog yang kerenzz, btw kerjasama bisnis tidak selalu menguntungkan loh.. klik solusibisnismu.wordpress.com>terimakasih diberi tumpangan lewat

  89. minta tolong donk..
    contoh surat pengajuan permohonan kerjasama suatu apotek yg baru mau buka dengan salah satu instansi mis pln or pdam.. tb4

    • silahkan mendaftar menjadi member terlebih dahulu
      caranya, smskan data diri anda berupa
      NAMA, No.HP, dan alamat Email yang aktif
      kirim ke 081 321 321 813

      terima kasih,,,

  90. minta tolong dikirimi draf permohonan kerjasama perusahaan dan apotek.. tb4

  91. mas tolong dong dikirimin contoh proposal penawaran wisata tour & travel.. saya bisnis travel pemula baru memulai sekitar 2 bulan terakhir dan sy ingin kembangin bisnis ini.. makasih

  92. Pas lagi nyari, pas dapat contoh yang tepat. alhamdulillah, semoga bermanfaat Bos. terimakasih contekannya.

  93. menawar kan jasa untuk penertiban penduduk di dsersh

  94. sy tidak pernah kirim email ke bapak. email yg mana????????

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 37 other followers

