Budidaya Kaktus

BUDIDAYA KAKTUS

Oleh : ERIK ARIYANTO

( Erik_Kaktus Lembang -Bandung)

http://www.erik_kaktus.indonetwork.co.id

kaktus2.jpgkaktus6.jpgkaktus-1.jpgerikkaktus

Asal tanaman kaktus adalah Amerika terutama di kawasan Mexico, Texas, Arizona (AS), Argentina, Bolivia, Peru dan Brazil.

Hal –hal yang perlu dipersiapkan :

  • Peralatan : Pisau tajam, sarung tangan, karet gelang, dan garden sprayer

  • Bahan : alkohol 70% untuk mensterilkan pisau. Batang bawah (understeam) dalam pot, dan induk batang atas (entres) yang beranak/tunas banyak, larutan fungisida pencegah busuk batang

SYARAT TUMBUH

Syarat tumbuh tanaman kaktus antara lain : berada pada ketinggian 1200 mdpl, suhu udara berkisar antara 160-340C. Untuk perkecambahan biji (benih), membutuhkan suhu antara 260-350C. Khusus untuk kaktus hibrida hasil penempelan, dapat tumbuh di daerah pegunungan bersuhu 160-240C. Dapat pula hidup di dataran rendah bersuhu panas, tetapi menyebabkan warna batang cenderung kusam. Kelembaban udara (rH) berkisar antara 30%-90%. Curah hujan rendah, 60 mm/bulan. Intensitas penyinaran 50-80%.

PERBANYAKAN TANAMAN

Tanaman kaktus dapat diperbanyak dengan menggunakan dua cara, antara lain :

1. Perbanyakan Generatif

Kaktus dapat diperbanyak dengan menggunakan biji yang telah diseleksi terlebih dahulu.

2. Perbanyakan Vegetatif

Perbanyakan vegetatif kaktus dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

a. Stek batang atau cabang

Perbanyakan ini bertujuan untuk memproduksi batang bawah.

b. Anakan

Jenis kaktus yang dapat diperbanyak dengan cara ini adalah kaktus yang berukuran bulat dan pendek.

c. Penyambungan (Grafting,Enting)

Prinsip penyambungan adalah menggabungkan dua jenis kaktus untuk memperoleh tanaman baru yang berkualitas baik dan memiliki harga jual yang tinggi.

Adapun metode penyambungan yang dilakukan antara lain:

– Metode sambung rata (Flat Grafting)

– Metode sambungan celah atau belah (Split Garafting)

– Metode sambungan serong (Side Grafting)

MEMPERBANYAK KAKTUS DENGAN CARA GRAFTING

  • Menyiapkan media tanam dan pot

  • Mengisi pot dengan media tanam dan menempatkan pot

  • Memilih induk batang bawah (understeam)

  • Menanam batang bawah

  • Memilih induk batang atas (entres)

  • Memotong bahan batang atas dari induknya

  • Menempelkan batang atas pada batang bawah

TEMPAT TANAM

Tempat yang digunakan untuk tanaman adalah pot. Pot yang digunakan antara lain terbuat dari : tanah liat, plastik, semen, keramik, kaca dan lain-lain.

MEDIA TANAM

Media tanam yang dapat digunakan untuk tanaman kaktus dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan yang tersedia

  • tanah porous
  • pupuk organik/kompos matang
  • pasir kasar, pasir kali,
  • batu kapur bubuk
  • potongan pakis
  • arang kayu bubuk

(misal, pasir sungai bersih, humus tua, pupuk kandang/kompos matang, dengan perbandingan 2 : 1 : ½ ).

Media tanam alternatif yang dapat digunakan, antara lain :

a. Pupuk kandang

b. Sekam padi

c. Pasir

PENANAMAN

Penanaman kaktus dimaksudkan untuk memindah tanamkan bibit kaktus dari persemaian atau dari pot kecil ke pot besar untuk tujuan pemeliharaan secara permanen.

PEMELIHARAAN

Pemeliharaan tanaman meliputi :

1. Penempatan pot tanaman

2. Penyiraman

3. Pemupukan

4. Sanitasi dan Repotting

HAMA

Hama yang sering yang sering menyerang tanaman kaktus adalah :

1. Kutu sisik (Pseudococcus s.)

2. Kutu batok (Aspidiotus sp.)

3.Kutu wol (Dactylopius tomentosus).

Hama tersebut dapat dikendalikan dengan menggunakan insektisida dengan dosis yang disesuaikan dengan ketentuan Good Agribisnis Practises (GAP).

Sumber : BPPT Lembang, Erik_Kaktus Lembang – Bandung

http://www.souvenirtanaman.co.cc

www.erikkaktus.co.nr

www.erikkaktus.com

16 Responses

  1. Halo. Mas erik.. saya junaidi baru 4 hari membeli kaktus dengan berbagai varian… rencananya ingin dikembangkan… dimana saya bisa peroleh informasi yang tepat… untuk budidaya kaktus… terimakasih sebelumnya…

  2. terimakasih banyak untuk informasinya…
    sangay membantu saya untuk membuat laporan

  3. stek bawahannya itu pakekaktus jenis apa/ pake aja batang buah naga

  4. kalau kaktusnya disiram tiap hari bagaimana?
    apakah akan menjadi busuk?
    kalau musim hujan datang?
    bagaimana juga?

    • ga boleh kaktus disiram taip hari. karena media kaktus ga boleh terlalu lembab. bisa mengakibatkan kebusukan yg dimulai dari batang bagian bwah terus sampai atas. klo musim hujan hindarkan kaktus dari air hujan.

  5. mo nanya klo batang kaktus yang bisa di stek tuh jenis apa aja??????
    atw malah semua jenis tp kok yang aku gak nempel-nempel yang sama tunas yang mo di sambungin nya???????????????

    • paling banyak n paling mudah ntu jenis euphorbia. masing2 bibit jenis memiliki teknik tersendiri dalam proses graftingannya…anda bisa menggunakan bantuan karet gelang jika bibit susah nempel…thx

  6. mas,saya postingin bagian2 kaktus bisa g?soalnya saya masih baru belajaran.posisi saya di surabaya,lalu dimana ya saya bisa memperoleh informasi budidaya kaktus?balas ke email saya saja ya?! karena saya jarang online.
    thx

  7. mas kalo kaktus 6 yang fotonya ada di website ini namanya apa??? dan gimana cara perawatannya??

  8. mas erik saya firdaus 1 minggu yg lalu saya dari bandung saya bru membeli kaktus sebanyak 2 pot.Yang saya mau ta nyakan bgmn caranya saya mendapatkan buku katalog tentang tanaman kaktus,apakah saya bisa mendapatkan maj lah/buku tentang tanaman kaktus dari mas eric?klw bisa tlg buku katalog nya di kirim ke alamat rumah saya.Alamatnya:
    KOMPLEK PEMDA DKI BLOK Q5 NO:3 RT 009/RW 02 PONDOK KELAPA JAKARTA TIMUR KODE POS:13450.
    NO TLP:021.8022.9163(FIIRDAUS)
    Terima ksih sebelumnya mas eric.

  9. terima kasih atas informasinya, semoga bisa lebih rinci lagi ya…

  10. saya sangat menyukai kaktus dan ingin mengembang biakannya. Dimana saya bisa mendapatkan biji kaktus?

  11. terimakasih atas infox

  12. cara sambung atas gimana cara nya setelah saya potong dan di diam kan ko tidak berakar ya atau langsung ditanam harus kena panas atau tidak ya

Leave a Reply

