Investasi di Internet yang aman

i.jpg
Waktu berubah dengan cepat dan akan semakin canggih dari hari ke hari di mana 10 tahun yang lalu kita tidak akan mengenal adanya investasi online dan bahkan internet sendiripun belum membudaya di Indonesia, tapi saat ini banyak beredar bisnis dan investasi di Internet yang menjanjikan keuntungan yang beragam yang memiliki resiko kerugian sangat besar kalau anda tidak memahami pola dan cara aman berbisnis di internet.

Investasi di Internet, amankah? Hal ini sering menjadi pertanyaan bagi para calon investor yang ingin mencoba investasi lewat jalur online (internet) dan kadang-kadang menjadi momok yang menakutkan bagi para pemula, yang bisa saya jawab saat ini adalah “Tidak Aman”, kenapa? karena memang tidak aman dan anda harus extra hati-hati supaya jangan sampai kecolongan.Dibawah ini saya rangkum hal-hal yang bisa menyebabkan kenapa investasi online tidak aman:


1. Security atau keamanan menjadi kendala utama yang bisa dikarenakan situs tempat anda investasi sendiri juga tidak aman (tidak dilengkapi oleh security TSL/SSL 128bit) sehingga data anda bisa hilang atau diambil alih oleh Hacker dan tentunya investasi anda juga akan lenyap. Selain itu situs mesti dilengkapi oleh proteksi DDOS dan sebaiknya ada situs cadangan (mirror) kalau sewaktu-waktu tidak dapat di buka ada penggantinya.

2. Pengelola investasi yang tidak professional (salah investasi/manajemen), di mana kadang-kadang mengalami kerugian dan tidak bisa menutupinya sehingga akhirnya menutup usahanya dan uang nasabah tidak dibayar atau abis digunakan untuk membayar kerugian. Pengelola yang pintar biasanya selalu menyisihkan beberapa persen dari uang nasabah untuk backup terhadap resiko kerugian yang ada.

3. Bagian TI pengelola investasi yang tidak pernah mem-backup data perusahaan dapat juga menyebabkan penutupan usaha karena data nasabah penyimpan dana hilang, terhapus atau rusak sehingga tidak ada record bagaimana dan berapa yang harus dibayarkan ke nasabah.

4. Penipuan (Scam) yang sangat banyak beredar dengan persentase lebih dari 99% dari total situs investasi yang ada, terutama berada di luar negeri yang biasanya dengan modus menawarkan keuntungan yang besar (memanfaatkan keserahkan dan kelalaian orang). Situs investasi ini akan tutup dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun, dan beberapa di antaranya hanya dalam hitungan hari. Ciri-ciri situsnya biasanya dibikin asal-asalan, tidak ada program investasi yang jelas (hanya menawarkan keuntungan), tidak ada security dan tidak ada balasan (support) kalau anda kirim E-mail.

Jadi apakah saya bisa untung kalau ber-investasi di Internet?, jawabnya “Bisa”, tapi anda mesti sangat berhati-hati dengan melakukannya. Kalau anda belum berpengalaman, anda bisa belajar terlebih dahulu karena dengan belajar akan membuat anda lebih mengerti dan nantinya akan meminimalisasi kerugian yang ada. Cara belajar adalah dengan membaca-baca di forum dan berita (news) seputar investasi, dan saya sarankan anda baca forum dan berita luar negeri karena banyak orang Indonesia yang masih buta tentang hal ini sudah berani mengajari orang dan terbukti banyak yang rugi atau gagal ber-investasi.

Sedangkan orang Indonesia yang berhasil dalam investasi sangat pelit ilmu dan jarang mau berbagi padahal saya lihat beberapa di antaranya termasuk top 10 investor yang paling menguntungkan pada beberapa situs investasi di mana pendapatannya per-bulannya mencapai puluhan juta rupiah dengan asset di atas ratusan juta. Anda juga bisa belajar sambil mencoba-coba investasi kecil-kecilan dengan pedoman “anda rela kehilangan uang yang anda pakai untuk investasi” (Invest the amount you can afford to lose) karena kadang-kadang orang kalau tidak rugi tidak akan belajar dan menjadi pintar karena “pengalaman adalah guru yang terbaik”.

3 Responses

  1. gmna yah bos,…bisa kirimkan program investasi yang jujur dan tidak scam k e-mail saya,….
    trims ats saran anda,..

    • memang benar,. kebanyakan program investasi di internet itu penipuan,.. tpi saya yakin tidak semua program investasi yang ada di internet itu penipuan., saya sendiri sudah mencoba mengikuti program semacam ini. , dan alhamdulillah,.. yang saya ikuti bukan program SCAM,.. .

  2. sekedar informasi aja, bagi yang berminat silakan bergabung program investasi online baru profit di bayar perbulan mencapai 70% , silakan perlajarin systemnya aman dan no scam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: