Kenali Perusahaan investasi online yang SCAM

images.jpgDunia Investasi online dikenal orang sebagai investasi yang rata-rata menawarkan keuntungan tinggi dan dikenal dengan sebutan High Yield Investment Program (HYIP) atau Program Investasi dengan keuntungan tinggi. Tapi tahukah anda hampir 99% program tersebut itu penipu (scam).

Kalau kita baca berita HYIP di HYIPnews.com maka hampir tiap hari kita akan melihat ada HYIP yang tutup usaha alias kabur mengambil uang investornya (scam) yang kadang-kadang jumlahnya bisa puluhan. itupun yang ketahuan, yang tidak ketahuan atau tidak di-monitor oleh situs monitor HYIP lebih banyak lagi. Saya memperkirakan ada lebih dari beberapa ratus yang scam tiap bulannya.

Kadang-kadang memang perusahaan (program) investasi online awalnya mungkin di dirikan oleh pemiliknya bukan untuk menipu, tapi karena salah kelola atau salah manejemen sehingga menyebabkan perusahaan (program) tersebut bangkrut dan tidak dapat membayar uang nasabahnya, dan beberapa perusahaan (program) mungkin lemah dibidang sekuriti dan backup data investornya sehingga dijebol atau dirusak oleh hacker sehingga tidak dapat beroperasi kembali dan duit investor tidak dikembalikan karena datanya sendiri sudah hilang.

Berikut di bawah ini kami berikan sedikit tips bagaimana membedakan perusahaan (program) investasi yang penipu atau yang akan menipu (scam) nantinya.

Ciri-ciri perusahaan (program) investasi scam:

1. Tidak ada keterangan jelas bagaimana mereka mengelola dana investor. Untuk mengembalikan uang investor dan memberikan keuntungan yang dijanjikan tentu perusahaan harus mempunyai program yang jelas untuk mengelola dana investor. Kalau tidak ada berarti ini adalah money game dengan skema Ponzi di mana investor yang masuk duluan yang akan dibayar dan yang masuk belakangan tidak akan dibayar atau dengan kata lain investor akan dibayar dengan uang yang dibayar oleh investor yang baru masuk. Kalau tidak ada lagi penambahan investor baru atau sedikit penambahan, maka perusahaan (program) akan tutup dan tidak membayar lagi kepada investor. Rata-rata program ini tidak akan bertahan lebih dari 1 bulan, maksimalnya dibawah 6 bulan. Dari pantuan saya kebanyakan hanya bertahan sekitar 10-20 hari.

2. Menawarkan investasi dengan keuntungan di atas 5% perhari. Biasanya perusahaan (program) yang menawarkan keuntungan di atas 5% perhari juga tidak akan bertahan lebih dari 6 bulan. Makin tinggi perusahaan (program) menawarkan keuntungan makin cepat tutupnya. Contoh ada perusahaan (program) yang menawarkan keuntungan lebih dari 100% per-hari, sudah pasti program tersebut hanya bertahan kurang dari 2 minggu dan sudah tidak membayar kepada investor. Perusahaan (program) lainnya yang menawarkan keuntungan pembayar perjam sudah pasti 100% penipu (scam). Untuk perusahaan (program) yabg menawarkan keuntungan rata-rata 3% – 5% perhari sendiri sudah perlu diwaspadai karena sejauh ini saya pantau perusahaan (program) belum pernah lewat 1 tahun umurnya.

3. Pengelola investasi (admin) tidak membalas E-mail. E-mail yang kita kirim atau tidak memberikan respon melalui telepon (SMS), online messenger, forum ataupun fax (salah satu saja) dalam waktu 48 jam (2 hari) pada hari kerja, kemungkinan besar perusahaan (program) adalah penipu juga karena anda tentunya tidak ingin meng-invest uang anda kepada orang yang males merespon kita. Kalau ada masalah bagaimana? Kemana kita harus komplain atau bertanya? Ini salah satu bukti bahwa perusahaan tidak professional atau kurang karyawan ataupun mungkin hanya dikelola oleh 1 orang saja yang sudah ancang-ancang untuk menipu.

4. Pada situsnya, bagian FAQ, rules atau Terms tertulis kata-kata seperti: You agree to only invest money that you can afford to lose yang artinya anda setuju untuk meng-invest uang yang anda rela (mampu) untuk rugi. Saya jamin kalau ada kata-kata seperti ini, 90% dari perusahaan (program) benar-benar akan tidak mengembalikan uang anda dan anda tidak dapat protes karena anda telah setuju akan hal ini.

5. Program dengan minimum investment $1 hampir bisa dipastikan sekitar 90% juga adalah scam karena pengelola keuangan yang benar tidak akan mau menerima recehan di mana 1 dollar dianggap merupakan uang tips bagi sebagian orang Amerika bukan uang yang cocok untuk dijadikan investasi minimum. Setidaknya harus $5 keatas kalau program investasi yang benar baru mau menerima, rata-rata program (perusahaan) yang bertahan lebih dari 6 bulan bahkan harus minimal $10 untuk minimum investasi. Selain itu kalau kita memakai uang internet E-Gold yang menerima uang dibawah $10 dikenakan fee (biaya) yang cukup besar (3% – 10%).

Kalau anda ketemu perusahaan (program) yang mempunyai semua ciri-ciri di atas, saya berani garansi 100% bahwa perusahaan (program) tersebut adalah penipu (scam) dan kalau anda berani invest, siap-siap saja kehilangan uang anda, kecuali mungkin anda invest di hari pertama perusahaan (program) tersebut buka dan sudah sempat untung atau menarik semua uang anda ataupun uang anda telah kembali sebelum perusahaan (program) tutup.

Akhir kata

Kalau seandainya anda ketemu atau invest uang di perusahaan (program) yang tidak termasuk ciri-ciri di atas, belum tentu bahwa perusahaan tersebut tidak akan tutup atau menipu nantinya. Hal di atas hanya untuk membuat anda lebih waspada karena bagaimanapun seorang penipu itu harus pintar karena bagaimana bisa jadi penipu kalau sendiri itu bodoh. Penipu yang pintar akan selalu mencari kelemahan orang seperti keserakahan orang yang ingin mendapatkan keuntungan yang besar tanpa berpikir panjang. Artikel ini ditulis juga untuk supaya anda bisa berpikir secara jernih mana yang benar dan mana yang tidak dan menjadi lebih kritis dalam meng-investasikan uang anda.

sumber : http://www.ketok.com

3 Responses

  1. terima kasih erick atas informasinya.tolong bisa bantu sya gak menemukan program investasi yg jujur

  2. ada baiknya menjajaki investasi 1 on 1, artinya berinvestasi langsung secara privat. Anda bisa minta bertemu langsung dengan fund managernya,………

    Bila anda tidak sreg, anda bisa batalkan langsung karena anda kenal dengan pengelolanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: