Self Talk

Hampir setiap orang Indonesia pasti mengenal kata-kata “amit-amit jabang bayi”. Jika kita melihat sesuatu yg tidak baik dan kita tidak mau hal itu terjadi pada diri kita, banyak orang mengucapkan kata-kata ini. Kata-kata ini begitu kuat berpengaruh pada diri kita karena kita sudah sering mendengar orang mengatakan ini bahkan diri kita sendiri mungkin juga sering mengatakan ini. Secara tidak sadar kata-kata ini berfungsi sebagai “tameng” agar tidak memprogram hal-hal buruk itu ke dalam pikiran kita. Pikiran kita menjadi terbiasa, jika kata-kata “amit-amit jabang bayi” diucapkan maka secara otomatis ia menolak segala bentuk yg buruk itu masuk ke dalam pikiran kita. Ini adalah salah satu bentuk self talk yang dapat kita gunakan untuk menolak pikiran negatif yg masuk ke pikiran kita.

Pikiran kita terdiri dari 2 : conscious mind/pikiran sadar dan subconsious mind/pikiran bawah sadar. Conscious mind adalah decision maker dan subconsious mind adalah executor. Apapun yang dalam pikiran sadar kita pikirkan dan percaya, akan berusaha diwujudkan oleh subconsious menjadi kenyataan. Subconscious menganggap hal itu sebagai suatu decision yang harus dilaksanakan. Subconsious ini tidak bisa membedakan antara kenyataan dan imajinasi, subconsious juga tidak mengerti kata “tidak/jangan”. Contoh : pada saat ini juga, saya minta anda untuk tidak memikirkan dan jangan sekali pun memikirkan, saya ulangi, untuk tidak memikirkan dan jangan pernah memikirkan………… mengenai gajah warna pink. Apa yang terjadi……, mendadak di benak kita yang tergambar adalah gajah yang berwarna pink.

Jadi apapun yang masuk ke dalam consious mind dianggap sebagai perintah yang harus dilaksanakan oleh subconscious mind. Jadi berhati-hatilah dalam berbicara kepada diri kita sendiri, juga berhati-hatilah terhadap omongan orang mengenai diri kita sendiri. Apa yang kita pikirkan dan kita percayai akan berusaha diwujudkan di dalam dunia nyata oleh subconsious mind.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: