Stretch your limit

Sewaktu saya semester 5 di Biologi UNpad, saya dituntut untuk belajar, praktikum dan membuat laporan. Saya masih ingat, hampir seluruh waktu luang saya pergunakan untuk membaca tiga hal tersebut, bahkan di akhir pekan pun, sewaktu antri di depan ATM BNI saya juga membaca. Saya benar-benar merasa batas kemampuan saya di-strecth, sampai menjadi kebiasaan baru dan daya tahanpun meningkat.

Sekarang saya merasakan lagi kemampuan saya sebagai manusia di-strecth lagi, bedanya kalau dulu belajar sekarang dalam hal bisnis dan kerja. Sebagai distributor dan posisi Marketing Manager di Character, kadang saya hanya tidur 3 – 4 jam sehari untuk menyelesaikan semua urursan tersebut. Pernah saya hanya tidur malam total 5 jam untuk waktu 2 hari.

Tetapi sekali kita sudah mencapai suatu batas baru melebihi apa yang biasa kita lakukan, maka melakukan hal yang biasa akan menjadi hal yang mudah. Saya pernah membaca buku Athony Robbins, ada seorang peserta seminarnya yang sudah berumur 80 tahun dan mempunyai semboyan yang sangat luar biasa “if you rest, you rust”, jika anda berhenti beraktifitas maka anda akan berkarat. Anthony Robbins pun dalam menyelenggarakan seminarnya secara tidak langsung melatih orang untuk men-strecth kemampuan dirinya. Seminar Anthony Robbins setiap harinya berakhir di atas jam 21.00 bahkan di hari pertama sampai jam 1.00 pagi.

Brian Tracy, seorang success coach, mengatakan ada 2 hal yang menghalangi manusia untuk maju :

  1. Homeostatis, suatu keadaan untuk terus di status-quo
  2. Psychosclerosis, suatu keadaan di mana manusia tidak fleksibel lagi terhadap keadaan.

Kedua hal tersebut membuat kita takut meninggalkan comfort zone kita. Dengan kita melatih diri kita untuk menembus limit yang sekarang, untuk keluar dari comfort zone kita, maka 2 hal tersebut akan kita dobrak dan kita akan mencapai suatu keadaan baru yang akan semakin mendekatkan kita pada impian kita. Kurek Ashley, seorang peak performance coach, biasa bangun jam 4 pagi untuk memulai harinya dalam mencapai impian. Kurek sering mengatakan “You can not live by yesterday standard and expect great result today”. Anda harus mulai melakukan hal-hal yg berbeda untuk mencapai impian anda. Saya juga pernah mendengar suatu pernyataan yang saya suka “if you sleep, you dream, if you wake up, you can live your dream”.

Jadi jangan terus tertidur untuk bermimpi, bangunlah dan raih impian anda dengan segala daya upaya yang anda miliki. Apakah anda sudah men-strech kemampuan anda untuk mencapai cita-cita anda ?

; terinspirasi dari Bapak Norman F

Leave a Reply

