Rusak Bukan Berarti Tak Berfungsi

Walau dihadapkan pada situasi yang tidak kondusif, kita tetap harus memanfaatkan apa yang ada untuk menggapai keberhasilan.

Salah satu kornputer di PC Media bermasalah. CPU nya dapat dihidupkan dan digunakan dengan normal, tetapi tidak dapat dimatikan. jika di shut down, layar monitor bertahan pada tampilan yang menandakan proses shut down. CPU ini menggunakan catudaya ATX sehingga seharusnya dapat mati secara otomatis, yang dimatikan oleh sistem operasi.

Tebakan pertama, sistem operasi crash. Tombol power di CPU lalu ditekan, tapi kondisinya tetap serupa. Bosan menunggu dan juga waktu sudah menunjukkan saatnya pulang, jalan pintas segera dilakukan. Kabel daya dicabut untuk mematikan CPU secara paksa.

Esok paginya, komputer kembali dihidupkan dengan memasang kabel daya. Uniknya, CPU langsung hidup tanpa perlu menekan tombol power. Ini baru disadari setelah terdengar bunyi beep yang menandakan proses POST (Power On Self Test). Terkejut sesaat, kabel daya segera dilepas. Karena CPU dapat memasuki POST serta tidak tercium bau terbakar atau gosong, kabel daya kembali dipasang.

Sewaktu loading, sistem operasi memunculkan informasi bahwa data di harddisk mungkin error karena CPU tidak di shut down dengan baik. Proses dilanjutkan dengan pemeriksaan harddisk.

Setelah loading selesai, CPU di shut down untuk mengecek keadaannya. Sama seperti hari sebelumnya, CPU tidak dapat dimatikan. Tombol reset di CPU Ialu ditekan. Anehnya, CPU memang seperti di reset tapi tidak memulai boot. Tombol reset ditekan lagi, tapi tetap tidak ada respon apa apa. Jalan pintas kembali dilakukan. Kabel daya dilepas dan dipasang lagi.

Kecurigaan mengarah pada catudaya atau mekanisme yang berfungsi untuk mematikannya. Sayang, disibukkan dengan aktivitas pengujian peranti keras yang masuk ke dapur pegujian, keinginan untuk memeriksa CPU terpaksa ditunda.

Beberapa hari berselang, tiba kesempatan untuk memeriksa CPU. Berbekal multitester, perneriksaan pertama langsung diarahkan ke konekor ATX penghubung catudaya dan motherboard. CPU dihidupkan dan tegangan pin 14, yang kabelnya hijau, mendekati 0 V. Hal ini normal. Tombol power lalu ditekan untuk mematikan CPU. Dan seperti kondisi sebelumnya, tidak mati. Pengukuran tegangan di pin 14 menunjukkan hampir 5 V. Ini berarti, masalahnya ada di catudaya.

Catudaya lalu dilepas, digantikan dengan cadangan yang ada di dapur pengujian PCMedia. Lantas CPU dihidupkan dan kali ini sudah dapat dimatikan seperti biasa.

sumber : Majalah PC Media

4 Responses

  1. mas erik
    aq mau bwt proposal penawaran barang furniture.

    terimakasih

  2. Salam Kenal Mas,

    Mas Erik, saya minta tlg di bantu, saya mau buat kerjasama dengan sekolah2 Internasinal. Kami ingin mengadakan Road-Show produk kami dan diakihiri dgn acara lomba mewarnai di dlmnya. tlg ya mas.

    Terima kasih.

  3. mas tlongbuatkan aku proposal dan persentasi nya..bidang aku prencise aku mo buat kerjasama dengan sekolah…dan kemudian buka stand di mall..thanks

    • sebelumnya silahkan mendaftar sebagai member terlebih dahulu
      caranya
      SMSkan data diri anda berupa
      nama, no HP, dan alamat Email yang aktif
      kirim ke 081 321 321 813

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: