KONSEP DIRI ( Self Concept )

 

Materi ini disampaikain pada acara Basic Organizing & Management Skills

BEM KEMA FMIPA UNPAD

oleh : Erik Arianto

 

Konsep diri adalah semua ide, pikiran, kepercayaan dan pendirian yang diketahui individu tentang dirinya dan mempengaruhi individu dalam berhubungan dengan orang lain

Konsep diri menurut adalah kesadaran batin yang tetap, mengenai pengalaman yang berhubungan dengan aku dan membedakan aku dari yang bukan aku.

Konsep diri adalah operating system KOMPUTER mental kita.Konsep diri menentukan kinerja kita. Level konsep diri menentukan level prestasi hidup.

Segala yang Anda ketahui tentang diri Anda, semua apa yang Anda percayai, dan apa yang telah terjadi dalam hidup Anda terekam dalam mental hard-drive kepribadian Anda, yaitu di dalam self-concept Anda. Self-concept Anda mendahului dan memprediksi tingkat performa dan efektivitas setiap tindakan Anda. Tingkah laku nyata Anda akan selalu konsisten dengan self-concept yang terdapat di dalam diri Anda. Oleh karena itu, perbaikan di segala bidang kehidupan Anda harus dimulai dari perbaikan di dalam self-concept Anda.

SIMULASI

Jawab pertanyaan berikut :

  1. Siapa Saya?

  2. Mengapa saya ada?

  3. Apa keunggulan / kelebihan yang saya milik?

  4. Untuk siapa saya bekerja?

  5. Apa hasil/produk dari pekerjaan saya?

  6. Dimana saya mengerjakannya?

Contoh jawaban dari ERIK ARIANTO :

  1. siapa saya?

Jawab : Saya adalah makhluk ciptaan Alloh

  1. Mengapa saya ada ?

Jawab : Untuk beribadah dan berbuat baik

  1. Apa keunggulan / kelebihan yang saya milik?

Jawab : Berpendidikan, ulet dan kreatif

  1. Untuk siapa saya bekerja?

Jawab : untuk masyarakat disekitar saya

  1. Apa hasil/produk dari pekerjaan saya?

Jawab : Pemberdayaan orang lain

  1. Dimana saya mengerjakannya?

Jawab : di dunia ( jatinangor dan Jakarta)

Tiga Bagiam Utama Self-Concept Anda

Menurut Brian Tracy, self-concept Anda

memiliki tiga bagian utama yaitu:

  1. Self-Ideal (Diri Ideal),

  2. Self-Image (Citra Diri), dan

  3. Self-Esteem (Jati Diri).

Ketiga elemen tersebut merupakan satu kesatuan yang membentuk kepribadian Anda, menentukan apa yang biasa Anda pikir, rasakan, dan lakukan, serta akan menentukan segala sesuatu yang terjadi kepada diri Anda.

Self-Ideal (Diri Ideal)

Self-ideal adalah komponen pertama dari self-concept Anda.

Self-ideal Anda terdiri dari :

  • harapan,

  • impian,

  • visi,

  • idaman

Self-idealterbentuk dari kebaikan, nilai-nilai, dan sifat-sifat yang paling Anda kagumi dari diri Anda maupun dari orang lain yang Anda hormati. Self-ideal adalah sosok seperti apa yang paling Anda inginkan untuk bisa menjadi diri Anda, di segala bidang kehidupan Anda. Bentuk ideal ini akan menuntun Anda dalam membentuk perilaku Anda.

Self-Image (Citra Diri)

Bagian kedua self-concept Anda adalah self-image. Bagian ini menunjukkan bagaimana Anda membayangkan diri Anda sendiri, dan menentukan bagaimana Anda akan bertingkah laku dalam satu situasi tertentu. Karena kekuatan self-image

Semua perbaikan dalam hidup Anda akan dimulai dari perbaikan dalam self-imageself-image

Self-Esteem (Jati Diri)

self-esteem adalah seberapa besar Anda menyukai diri Anda sendiri. Semakin Anda menyukai diri Anda, semakin baik Anda akan bertindak dalam bidang apa pun yang Anda tekuni. Dan, semakin baik performansi Anda, Anda akan semakin menyukai diri Anda. Bagian ini adalah komponen emosional dalam kepribadian Anda.

Komponen-komponen pentingnya :

  • bagaimana Anda berpikir,

  • bagaimana Anda merasa,

  • bagaimana Anda bertingkah laku.

SIMULASI

Tulislah apa kelebihan kita dalam daftar kecakapan, kemampuan, ‘bakat kusus’, yang mungkin kita miliki. Jangan lupa yang ‘kecil2’. Ini perlu sehingga kita tidak mengabaikan hal2 seperti ‘bisa membantu kawan cari kerja’ atau ‘menyelesaikan persamaan matematika rumit dengan nilai lumayan’

Jangan terlalu bengis dan pelit terhadap diri sendiri dan jangan memakai ukuran orang lain. Membandingkan diri dengan orang lain akan tak berkesudahan. Karena kita lantas membandingkan dengan si A, B, dst, dst.

Periksalah secara saksama kualitas2 anda yangmenyumbangkan keberhasilan2. Simaklah mengapa anda harus merasa bangga akan itu.

Setel Ulang Konsep Diri Anda untuk Meraih Sukses

SIMULASI

Langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk meningkatkan level self-concept yang kita miliki adalah:

  1. Tentukan self-ideal Anda dengan standar yang tinggi dengan nilai-nilai dan visi yang jelas (Anda ingin menjadi orang seperti apa? Ingin memiliki apa? Tinggal di mana? Dsb).

  2. Secara bertahap sesuaikan self-image Anda untuk bisa sejajar dengan self-ideal Anda. Setiap kali Anda merasa bahwa Anda sanggup menjalankan sesuatu di tingkat yang paling baik (mendekati self-ideal Anda), Anda akan merasa sangat puas terhadap diri Anda sendiri. Pada saat itu, self-esteem Anda akan melejit naik.

Untuk meng-upgrade self-imagesupaya bisa semakin mendekati self-ideal, Anda dapat menggunakan metode pembiasaan otogenik atau reflective-relearning. Metode ini cukup ampuh untuk mengubah self-imagekita karena

Berikut saya lampirkan teknik dasar yang sederhana untuk melakukan latihan pembiasaan otogenik atau reflective-relearning (catata: untuk lengkapnya akan saya sertakan pada artikel berikutnya).

  1. Mulailah sekarang dengan menentukan “Saya ingin memiliki, melakukan, atau menjadi apa?” Kalau perlu buatlah skrip atau skenario cerita supaya alur visualisasi Anda selalu konsisten.

  2. Duduklah dengan nyaman dan pejamkan mata Anda. Buatlah diri Anda serileks dan senyaman mungkin. Tarik nafas dalam-dalam dan setiap kali menghembuskan nafas kendurkan seluruh otot tubuh dan pusatkan perhatian pada alunan nafas. Tak lama kemudian Anda berada pada gelombang otak alpha.

  3. Bayangkan diri Anda sebagai sosok yang berhasil (seperti yang telah Anda buat skripnya). Anggaplah semua citra positif itu sebagai sesuatu yang nyata Sekarang hayatilah perasaan seakan-akan Anda telah mencapai keinginan Anda. Anda menghayati perasaan dari sebuah tujuan yang telah tercapai.

GOOD LUCK

Success is a step ahead. So, make sure u’re not only circling around. Just make a new step ahead, your own brand new step, and you’ll find that u’re successfull person.

*) sumber : Bpk Adi W Gunawan, Jenie S Bev, Bryan Tracy dll

 

6 Responses

  1. mas gmn caranya pasang iklan di wordpress? bknnya wordpress ga bs dipasangin iklan…

  2. Tips yg sangat menarik. AKu coba praktekkan. Thanks ya…

  3. coba di revie blog saya mas

  4. tolong revie blog saya

  5. thanks 4 the info….self-concept is related to my thesis.

  6. Tulisan yang bagus. Memperkaya yang baca. Mantap!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: