KROMOSOM AKAR BAWANG ( Mitosis )

Pengamatan Kromosom Akar Bawang

( Mitosis )

Maksud dan Tujuan

Mengamati penampakan kromosom pada sel-sel meristem akar bawang yang tampak pada saat pembelahan sel .

  1. Teori

Mitosis merupakan cara pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak yang secara genetik sama satu sama lain . jaringan yang mudah ditelaah pada saat mitosis adalah jaringan meristem pada titik tumbuh akar bawang . Apabila diwarnai dengan pewarna yang sesuai maka akan tampak kromosom-kromosom dalam sel-sel yang sedang membelah .

Sel akar bawang yang beru terbentuk berisi 16 kromosom , dimana 8 diantaranya disumbangkan oleh tumbuhan yang menyediakan gamet jantan , disebut kromosom paternal . sedangkan sisa yang 8 lagi disumbangkan oleh tumbuhan yang menghasilkan sel telur , disebut kromosom maternal . Kromosom – kromosom yang berasal dari induk betina bentuknya serupa dengan yang berasal dari induk jantan , sepasang kromosom itu disebut kromosom homolog .

dowload laporan lengkap disini

One Response

  1. hai eric! perkenalkan aq Leo mahasiswa UIN jakarta. aq mo tanya soal nalisa kromosom jeruk yang dalam kultur neh. kira-kira metode yang tepat digunakan tuk nalaisa kromosom jeruk ini gimana? trus karena yg aq gunakan adalah meristem pucuk, maka pengambilan pucuk yang teapt pada pukul berapa ya? cos, dah tiga minggu ini aq perlakuan belum juga dapet kromosomnya. oya untuk mengamati kromosom sebaiknya menggunakan perbesaran berapa ya? kalo boleh aq minta daftar pustaka yang bisa aq gunakan wat referensi penulisan laporanku. Thanx!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: