SALES TECHNIQUES

Berikut ini saya sampaikan nasehat pakar penjualan Bill Brooks dalam bukunya: Sales Techniques yang menyarakan agar menghindari 6-hal yang bisa

menyebabkan salah persepsi dari calon pembeli/customer, akibat saking kepingin cepat kaya:

1. Too much cold calling.

Cold calling adalah sering menelpon, mengunjungi tanpa janji ke calon pelanggan yg belum dikenal secara akrab. Ini bisa menimbulkan persepsi bahwa kita sangat desperate untuk dapat bisnis produk atau jasa kita yg sedikit peminatnya.

2. Appearing as a pest to your prospect

Ada batas yg sangat tipis antara upaya yg persistent dan jadi pest (hama atau hal yg mengganggu). Maukah anda dianggap sebagai orang yg tidak professional yg tidak menghargai waktu orang, tidak mau berhenti mengganggu orang lain, persis seperti pest?

Jadi berhati-hatilah mengikuti nasehat para pembicara dan pengarang tentang motivasi untuk persistent, karena bisa-bisa kita dianggap sebagai pest oleh prospek kita!

3. Coming across as desperate to make a sale.

Kita ambil contoh, apakah anda akan punya kepercayaan kepada seorang dokter yg berdiri di pinggir jalan untuk menjajakan jasanya??

Anda boleh saja desperate untuk dapat menjual, tetapi jangan sampai prospek anda mengetahuinya! Kalau ini terjadi, anda membuat kesalahan fatal.

4. Fitting the stereotype of fast-talking salesperson.

Stereotype fast-talking salesperson adalah tipe orang2 yg menepuk punggung, mencari persetujuan dari prospek dengan cepat. Stereotype semacam ini tidak cocok bagi seorang professional salesperson yg mantap.

5. Portraying yourself as a price cutter.

Penjual dengan harga murah hanya punya satu arah dalam bisnis – terlempar keluar dari bisnis.

Salesperson yg professional menampilkan dirinya sebagai problem solver dan pemberi solusi, buka sebagai price cutters. Para pemberi diskon hanya berumur pendek. Mereka akan kompetitif sampai mereka kehabisan uang.

6. Being a product pusher.

Prospek anda tidak membeli produk anda, tetapi mereka hanya beli produk yg bermanfaat bagi keperluannya. Untuk itu, sebelumnya anda harus tahu betul apa yg sebenarnya dibutuhkan oleh para prospek anda. Peace of mind, profit, status, penghilang sakit??

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: