Berubah !!!

when u change…..

 

when you change your thinking you change your beliefs

when you change your beliefs you change your expectations

when you change your expectations you change your attitude

when you change your attitude you change your behaviour

when you change your behaviour you change your performance

when you change your performance you change your destiny

when you change your destiny you change your life

Ada kalanya orang terpikir untuk memperbaiki hidupnya. Mungkin karena ulang tahun dan merenung “Sudah hidup sekian tahun tapi yg sy capai rasanya belum banyak”. Atau bertemu teman lama dan menyadari perbedaan capaian dalam jangka waktu yg sama. Atau tergerak melihat kondisi keluarganya yg jauh dari cukup. Bisa juga melihat, mendengar, atau merasakan sesuatu yg kemudian mengingatkan pada keinginan-keinginan lama yg terpaksa dikubur karena keterbatasan.

Kalau kita renungkan, hidup kita saat ini adalah karena performa kita di masa lampau, sehingga orang lain menempatkan kita di posisi saat ini. Misalkan, karena performa yg bagus, saat ini sy ditempatkan sebagai supervisor produksi, hidup sy pun disesuaikan dgn posisi sy. Atau bisa juga sy ditempatkan sebagai office boy, sehingga kehidupan sy pun berada pada taraf yg bisa dibiayai oleh pendapatan office boy.

Berarti kalau saat ini kita ingin mengubah kondisi hidup, target kita adalah mengubah posisi kita di lingkungan kita. Karena posisi kita saat ini ditentukan oleh apa yg kita lakukan di masa lampau, maka kita harus mengubah performa kita saat ini, sehingga di masa depan kita tidak berada di posisi yg sama.

Performa kita tidak mungkin tiba-tiba berubah menjadi lebih baik dalam semalam. Diperlukan peningkatan intensif dan bertahap untuk bisa memperbaiki performa. Oleh karena itu untuk memperbaiki performa diperlukan pembentukan kebiasaan baru. Misalkan, untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris, kita mengikuti kursus bhs Inggris secara intensif, sehingga terbentuk kebiasaan bercakap-cakap dalam bhs Inggris.

Akan tetapi, kebiasaan baru ini hanya bisa bertahan apabila kita mengembangkan sikap baru untuk melaksanakannya. Sikap baru ini tidak bisa terbentuk apabila ekspektasi kita tidak berubah. Sedangkan perubahan ekspektasi hanya bisa terjadi apabila kita merubah keyakinan kita. Dan keyakinan bisa berubah hanya jika kita merubah pola pikir kita.

Oleh sebab itu, perubahan apapun dimulai dari peruahan pola pikir. Ada orang yg membentuk pola pikirnya dari bacaan-bacaan yg dia serap. Ada lagi yg membentuk pola pikirnya dari pengamatan peristiwa-peristiwa sekelilingnya. Bisa juga terbentuk dari opini-opini orang-orang di sekelilingnya. Yang pasti, apapun caranya, pastikan untuk menggunakan cara paling sesuai bagi kita masing-masing untuk mengadakan perubahan pola pikir.

“kadang-kadang diperlukan 1 ton pendidikan untuk mengubah 1 ons persepsi”

Kip de spirit haih….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: